Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dan Cara Mengajukan Resign yang Baik

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dan Cara Mengajukan Resign yang Baik

Ketika telah sekian lama bekerja, kemungkinan beberapa berasal dari anda ada yang merencanakan untuk resign. Biasanya anda miliki alasan tersendiri, seperti bosan, tidak cocok bersama daerah kerja, hingga inginkan meningkatkan skill ke level selanjutnya. Namun, yang jadi persoalan adalah bagaimana jika ini merupakan kali pertama mu inginkan mengajukan pengunduran diri. Nah, sebagai solusi supaya anda dapat resign bersama tenang, yuk review artikel selanjutnya untuk mengerti langkah mengajukan resign dan umpama surat pengunduran diri kerja. 

Cara mengundurkan diri berasal dari pekerjaan yang baik

Jika anda masuk ke perusahaan di dalam kondisi baik, maka sementara mengajukan pengunduran diri kerja terhitung kudu bersama langkah yang baik. Dikutip berasal dari Indeed, selanjutnya adalah tips mengajukan resign kerja secara profesional.  


1. Buat perjanjian untuk meeting 1-on-1 contoh surat pengunduran diri

Saat anda inginkan mengajukan resign kerja, nggak seluruh orang kantor kudu tahu. Mengajukan pengunduran diri kerja secara profesional sebaiknya dibicarakan dan didiskusikan secara privat pada anda sebagai karyawan dan terhitung atasan kamu. Atau nggak, bersama HRD anda lebih dulu. 


Oleh gara-gara itu, mutlak untuk membuat perjanjian meeting 1-on-1 sebagai bentuk komunikasi dan diskusi di dalam mengajukan resign kerja yang baik. Pastinya, atasan atau HRD anda akan merelakan sementara mereka untuk dapat saling ngobrol di pertemuan ini.


Baca juga: Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Kamu Menandatangani Kontrak Kerja!


2. Ceritakan alasan yang mengerti berkenaan pengunduran diri kerja

Ketika telah membuat janji bersama atasan atau HRD, berarti anda terhitung kudu siap untuk menceritakan alasan yang mengerti berkenaan pengunduran dirimu. Biasanya ada beberapa alasan seseorang mengajukan pengunduran diri berasal dari pekerjaannya seperti:


Minim apresiasi dan penghargaan

Tidak merasakan pertumbuhan karier sepanjang bekerja

Mendapatkan tawaran kerja yang lebih baik

Budaya kerja yang tidak menyimak kesehatan mental karyawan

Tujuan berasal dari performa kerja yang tidak realistis

Perlu diingat terhitung nih gaes, sementara mengemukakan alasanmu usahakan untuk tidak menyinggung atasan, HRD, atau perusahaan anda saat ini bekerja. Intinya, disamping alasan yang mengerti dan spesifik, mengemukakan alasan untuk resign kerja haruslah bijaksana.


Selain mengemukakan alasan resign, jangan curiga terhitung untuk menghendaki feedback dan sara berasal dari atasanmu. Tentunya bersama menerima feedback tersebut, anda dapat meningkatkan dan memperbaiki kekuranganmu sementara bekerja di perusahaan baru. 


Baca juga: 12 Alasan Kerja yang Tepat dan Profesional, Bisa Kamu Gunakan!



3. Memberi informasi pengunduran diri (one month notice)

Sering dengar makna one month notice?


Nah, one month notice adalah sementara sedikitnya yang ditentukan oleh perusahaan sementara anda mengajukan pengunduran diri kerja atau resign. Biasanya, keputusan one month notice ini tertera di kontrak kerja. Tujuan berasal dari one month notice ini adalah supaya anda tetap dapat menyelesaikan bermacam tanggung jawabmu di daerah kerja. Selain itu, perusahaan terhitung miliki sementara untuk melacak pengganti kamu.


Namun, kudu diingat, bahwa setiap perusahaan miliki kebijakan tersendiri untuk karyawan kala berikan informasi pengunduran diri kerja. Bisa dua minggu, satu bulan, hingga dua bulan sebelum akan laksanakan resign.


cara-mengajukan-pengunduran-diri


4. Membuat surat pengunduran diri kerja

Salah satu langkah pengunduran diri kerja yang baik dan profesional adalah bersama sertakan surat pengunduran diri kerja sementara anda laksanakan pertemuan bersama atasan atau HRD. Kemudian serahkan surat surat resign terutama dulu. Nantinya, anda dapat menceritakan bersama mengerti alasan yang rasional mengapa anda inginkan mengundurkan diri. 


“Gimana nih jika posisinya sedang WFH?”


Tenang guys, anda dapat sertakan surat pengunduran diri kerja melalui email. Biasanya, atasan akan menghubungi anda via telepon. Kamu dapat berdiskusi dan mengkaji alasan secara khusus untuk melanjutkan apa yang tidak disampaikan melalui surat tersebut.


5. Ucapkan menerima kasih

Hal mutlak yang tidak boleh anda lupakan terhadap sementara inginkan resign adalah mengucapkan rasa menerima kasih kepada atasan, HRD, dan kawan kerjamu. Jangan lupa untuk selalu selalu terjalin bersama mereka, walau anda telah resmi mengundurkan diri dan tukar ke perusahaan baru.


Ucapan menerima kasih ini dapat anda rayakan bersama makan bersama di restoran, berikan hadiah kecil, atau berikan aneka makanan khas karyawan resign, seperti donat, pisang goreng madu, atau mengerti krispi.


Cara membuat surat pengunduran diri kerja yang baik


Surat pengunduran diri kerja atau surat resign adalah komponen mutlak sementara anda inginkan mengajukan resign secara tertulis. Cara membuatnya gampang kok, selanjutnya adalah format dan perihal yang kudu ada di di dalam surat pengunduran diri kerja (surat resign):


Tempat dan tanggal lengkap surat diserahkan.

Pihak yang dituju, dapat atasan anda atau HRD.

Salam pembuka.

Nama lengkap beserta alamat lengkap perusahaan.

Identitas diri seperti nama lengkap, NIK, jabatan, dan departemen.

Alasan pengunduran diri kerja dan tanggal pengajuan pengunduran diri.

Ucapan menerima kasih kepada atasan, HRD, hingga kawan kerja. Nggak lupa terhitung bersama ucapan maaf jika ada kesalahan yang anda laksanakan sepanjang bekerja di perusahaan.

Penutup.

Nama lengkap disertai tanda tangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara memelihara aksesori terbuat berasal dari bahan kulit

Bagaimana Mendapatkan Bantuan Dengan Pajak Kembali

Menghemat Pajak yang Meningkat